Google

Indonesia Tax Consultant Services


Indonesia Tax Consultant Services
Indonesia Tax Consultant Services
Indonesia Tax and Accountancy Consultant Services

Call 021-73888872
Email : cheriatna@gmail.com
Office : Jl.Mawar 36 Bintaro Jakarta Selatan 12330

Saturday, September 8, 2007

Apa Kata Dunia

Apa Kata Dunia

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak kian getol menjaring wajib pajak baru dengan menyebar nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Di samping membagi "secara paksa" NPWP dari toko ke toko di pusat-pusat perbelanjaan, Ditjen Pajak juga menggandeng perusahaan-perusahaan agar mau menyerahkan data karyawan yang belum memiliki NPWP.

Tak ketinggalan, Diljen Pajak juga melakukan upaya persuasif. Slogan Orang Bijak Taat Pajak kini sudah menjadi hafalan kebanyakan orang. Khusus menyangkut NPWP, kantor pajak juga melontarkan jargon baru lewat iklan di media massa: Tak Punya NPWP, Apa Kata Dunia?

Mengajak orang agar mau membayar pajak secara sukarela, apalagi dengan jujur, pasti akan menjadi perjuangan tiada akhir bagi aparat pajak. Homo economicus seperti Mta memang cenderung tamak, tak mau berbagi. Jangankan membayar pajak, menyetor zakat atau derma sesuai agama saja banyak yang ogah. Jadi, apakah berbagai program tadi bakal efektif?

Nanti dulu. Ketamakan manusia telah menghidupkan naluri mereka untuk selalu berhitung untung rugi, termasuk saat mereka harus segera membayar pajak. Apakah uang pajak yang mereka bayarkan akhirnya dipakai untuk membangun jalan mulus sehingga mereka tak perlu sering-sering mengganti kakikaki mobil atau mengaspal jalan sendiri? Apakah pajak yang mereka setorkan akhirnya benar-benar sampai ke tangan polisi sehingga mereka tak perlu menyewa satpam lagi? Apakah pajak yang mereka bayar nyata-nyata dipakai untuk menggaji pegawai negeri sehingga mereka tak perlu sogok sana sogok sini kalau hendak mengurus segala macam perizinan?

Kalau bisa mendapat jawaban "iya" tentu mereka tak keberatan membayar pajak. Masalahnya, siapa yang bisa mengeluarkan jaminan seperti itu? Dana hasil setoran pajak harus melewati banyak laci sebelum sampai ke kasir pabrik aspal, masuk amplop gaji polisi, atau sampai di laci meja bendahara instansi kantor pelayanan publik. Ditjen Pajak tak punya daya untuk mengawasinya, apalagi menjamin tak ada yang bakal bocor walau setetes.

Tapi, kalau memang mau sungguhsungguh membujuk masyarakat agar mau ber-NPWP, Ditjen Pajak tetap harus mengikis keraguan para calon pembayar pajak tadi.

Jadi, alangkah eloknya, selain "meledek" orang yang tak ber-NPWP, para pejabat pajak juga meluncurkan tematema kampanye yang isinya berani menjamin tak ada duit pajak merembes keluar, paling tidak dari laci yang kuncinya mereka pegang sendiri. Berani?

Kalau enggak, apa kata dunia?

Hasbi Maulana, Harian Kontan

No comments:

Google
Google Groups
Forum Melilea Indonesia
Visit this group
Share on Facebook
Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009